APEL GABUNGAN LINGKUP PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Pada Kamis,13 Februari 2020 tepat pukul 08.00 Wita hari ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara menyelenggarakan Apel Gabungan Khusus lingkup ASN Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara.


Apel kali ini terlihat tidak biasa karena seluruh peserta apel gabungan mengenakan pakaian seragam khas tenun Sultra. Begitu pula Penjabat Sekretaris Daerah Sulawesi Tenggara, La Ode Ahmad P.B., yang bertindak sebagai Pembina Apel pagi ini. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Bapak Gubernur kepada ASN Lingkup Provinsi Sultra untuk menggunakan kain tenun khas Sultra di setiap hari Kamis.
 

Dalam arahannya Pj. Sekda mengatakan, "Nuansa apel hari ini betul-betul kita merasa sedang berada di Sulawesi Tenggara. Pakaian yang digunakan hari ini menunjukkan identitas kita sedang berada di Sultra. Kelihatan cerah, seragam, berwibawa dan tentu punya karisma dan keunikan tersendiri.”


Hal ini tentunya adalah kegiatan dalam rangka mempromosikan entitas budaya nasional yang menjadi kekayaan budaya bangsa yang perlu dilestarikan dengan 4 entitas budaya yang dikenal adalah Morenene, Tolaki, Buton, dan Muna.


“Kita semua yang bertugas di Sultra tentu wajib menghormati itu, wajib menghargai itu dan mewariskan itu kepada generasi-generasi kita yang akan datang,” tambahnya.


"Kalau tidak dari sekarang, yakin suatu saat pasti pada revolusi 4.0,ketika ada perkembangan zaman yang akan datang mungkin pada revolusi 7.0, generasi berikutnya sudah tidak mengenal entitas bahkan yang menjadi identitas budaya lokal kita. Sehingga kita perlu mewariskan pengetahuan/knowledge kepada generasi berikutnya dan kita kenakan sehingga kita tahu dan kita kenal," ungkapnya.

Di sisi lain menurutnya, dengan menggunakan kain tenun Sultra tentu secara produk akan menggerakkan ekonomi usaha kecil masyarakat yang bergerak dalam usaha tenun maupun mempromosikan hal-hal yang sifatnya kepariwisataan.

Ia berharap ke depan semakin banyak kreasi inovasi yang dapat dilakukan sesuai dengan fungsi tugas masing-masing ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dalam membantu Gubernur dan Wakil Gubernur mewujudkan visi misinya mendukung program Garbarata dan menjadikan Sultra lebih sehat, cerdas, dan produktif.