Img 4.000 Peserta Karnaval Halo Sultra Pukau Masyarakat

4.000 Peserta Karnaval Halo Sultra Pukau Masyarakat


KENDARIPOS,Hujan deras yang melanda Kota Kendari sejak Selasa pagi (24/4), tak menyurutkan semangat peserta Sultra Tenun Karnaval. Mereka tetap antusias, meski jadwal kegiatan harus molor selama hampir dua jam. Bukan saja peserta yang rela basah-basahan, panggung utama, dimana para pejabat duduk juga ditembus hujan. Namun, festival tenun kebanggan Sultra itu tetap semarak. Penampilan 4.000 peserta sukses memukau ribuan warga Metro yang turun ke jalan.

Barisan karnaval dilepas oleh Pj. Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra, Hj. Isma di lapangan SSDC Kendari. Selanjutnya, peserta memutari MTQ melalui jalan Syeh Yusuf hingga finish di depan Kantor Wali Kota Kendari. Di panggung utama, ada Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi bersama Ketua PKK Sultra, Ika Octaviana. Para kepala daerah se-Sultra dan unsur Muspida serta dan undangan lainnya juga ada di sana.

Masing-masing barisan mengusung tema dan keunggulan daerahnya. Selain membawa cerita dan sejarah sendiri, mereka juga mengenakan tenun yang didesain unik oleh desainer-desainer handal. “Sesuai dengan nama kegiatannya, bahwa ini merupakan karnaval tenun Sultra. Jadi, tidak heran kalau setiap daerah itu membuat seragam dengan mendesain kain tenun sebagus mungkin untuk ditampilkan di acara ini,” ungkap Syahrudin Nurdin, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sultra.

Tenun Sultra, kata Ketua Panitia Halo Sultra ini sudah menjadi salah satu ikon bagi masyarakat. Sebagai langkah promosi dan bentuk kebanggan, maka digelarlah karnaval itu untuk lebih memasyarakatkan lagi kearifan lokal itu. “Mudah-mudahan melalui acara ini, masyarakat kita lebih mencintai tenun Sultra,” ungkapnya. Dia menambahkan, Karnaval Budaya juga menjadi objek lomba foto 30 fotografer dari delapan provinsi. “Jadi ini menjadi salah satu unsur penilaian,” imbuhnya. (b/ely)

Komentar