Img BIMBINGAN TEKNIS PENYUSUNAN INDEKS PEMBANGUNAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (IPTIK) TAHUN 2018

BIMBINGAN TEKNIS PENYUSUNAN INDEKS PEMBANGUNAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (IPTIK) TAHUN 2018

Dalam rangka mendukung kegiatan penyusunan Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IPTIK) oleh Direktorat Statistik keuangan, Teknologi Informasi, dan Pariwisata BPS RI, maka BPS Provinsi Sulawesi Tenggara mengadakan Bimbingan Teknis Penyusunan Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IPTIK) Tahun 2018 di Ruang Vicon Lt.3 BPS Prov. Sultra pada Kamis, 7 November 2019.

Acara dibuka oleh Kepala Bagian Tata Usaha BPS Sultra, Ir. Martini, MS. Dengan narasumber, Tedjo Sujono, S.Si., MM. selaku Kepala Seksi Pengolahan Statistik Komunikasi dan Teknologi Informasi BPS RI dengan materi "Pedoman Umum Penyusunan IPTIK". 

Kegiatan berlangsung selama 1 hari dengan melibatkan Pejabat Eselon II dan III Lingkup BPS Prov. Sultra, Kasi Bidang Statistik Bidang Distribusi BPS Sultra, Kasi Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Sultra, BPS Kota Kendari, Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Sultra, serta Bappeda Prov. Sulawesi Tenggara.

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai wali data diharapkan ikut berperan aktif dalam kegiatan BPS khususnya dalam pengumpulan data sektoral dan saling bekerja sama dalam penyusunan indeks pembangunan teknologi informasi dan komunikasi sehingga percepatan pengumpulan data demi memenuhi Program Satu Data Indonesia dapat terlaksana.

Untuk diketahui, kegiatan ini sesuai dengan Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, dimana di dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika diberi kewenangan dalam pelaksanaan urusan dalam bidang Statistik, yaitu sebagai Wali Data. Sedangkan Badan Pusat Statistik (BPS) memiliki peran sebagai Pembina Data. Oleh karena itu, antara Dinas Kominfo dan BPS harus saling berkoordinasi untuk mencapai tujuan Satu Data Indonesia.

Komentar