Img FESTIVAL PESONA BUDAYA TUA BUTON 2019

FESTIVAL PESONA BUDAYA TUA BUTON 2019

Festival Pesona Budaya Tua Buton ke VII yang diselenggarakan di Kabupaten Buton dari tanggal 19-24 Agustus ini akhirnya mencapai puncaknya pada Sabtu, 24 Agustus 2019.

Dalam puncak acara hari ini, Festival Pesona Budaya Tua Buton memamerkan puluhan penenun wanita yang sedang menenun kain adat tradisional dengan motif khas Kabupaten Buton di halaman Kantor Bupati Buton. Seluruh penenun kain yang berjumlah 50 orang tersebut berasal dari Desa Wabula Satu, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton.

Dalam kegiatan tanu atau pimoro (menenun) ini, untuk membuat 1 buah tenunan kain dibutuhkan tenaga pofesional agar menghasilkan tenunan indah yang mempunyai ciri khas tersendiri.

Dalam Festival Budaya Buton Tua ini juga diadakan ritual Pedole-dole yaitu ritual yang dimaksudkan agar anak bayi sehat dan patuh kepada orang tua, dimana umur anak yang boleh diikutkan dalam ritual ini adalah 0 sampai 1 tahun lebih.

Selain itu ada pula acara Pakande-kandea dimana dalam acara ini terdapat 2019 talang yang akan disajikan.

Seluruh kegiatan dalam festival ini bernilai positif dan memberikan ilmu pengetahuan karena menampilkan keunikan budaya Buton yang ada di Kabupaten Buton. Salah satu hal positifnya adalah dengan hadirnya wisatawan mancanegara yang ikut belajar menenun kain.

Para wisatawan mancanegara merasa sangat senang hadir dalam acara ini karena momen seperti ini sangat langka dan kemungkinan baru akan terjadi lagi beberapa tahun ke depan. Mereka berharap agar pemerintah provinsi dan kabupaten sering mengadakan acara serupa.

Masyarakat Kabupaten Buton pun sangat bangga dan senang sekali dengan adanya Festival Pesona Budaya Tua Buton ini. Dengan adanya kegiatan ini akan menambah nilai investasi wisata dan budaya Kabupaten Buton sehingga dapat menjadikan kebudayaan Indonesia, khususnya Kabupaten Buton, menjadi terkenal sampai ke seluruh dunia.

Komentar