Img Gubernur Ali Mazi dalam Diskusi Roundtable di Depan Lembaga-lembaga Donor International di Washington

Gubernur Ali Mazi dalam Diskusi Roundtable di Depan Lembaga-lembaga Donor International di Washington

Hadir dalam diskusi tersebut, Brett Jenks (Presiden/CEO Rare), Gellwyn Yusuf (Staf Khusus Menteri Perencanaan Pembangunan/Bappenas), Steve Box (Senior Wakil Presiden Fish Forever Rare), Sri Yanti (Direktur Perikanan dan Kelautan Bappenas), Dale Galvin (Managing Director Sustainable Market and Finance), Taufiq Alimi (Wakil President Rare Indonesia), dan Tonny Wagey (Direktur Eksekutif ICCTF).

Dalam sambutannya, Gubernur menyampaikan rasa bahagianya dapat memenuhi undangan Rare. Dimana selain untuk memenuhi undangan Rare, rombongan Gubernur Sultra juga melakukan kunjungan ke New York, Boston, dan Rhode Island. Kunjungan ini tentunya bukan untuk sekedar jalan-jalan tapi untuk membantu pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara belajar dari Amerika Serikat, khususnya di wilayah yang kaya ikan di Amerika Serikat. Gubernur Sultra serta rombongan ingin belajar tentang perpustakaan dan layanan publik dari beberapa perguruan tinggi di Boston dan di Universitas Rhode Island.

Dengan Rare di Washington DC ini Gubernur berharap dapat mempererat hubungan kerja sama. Gubernur merasa senang bermitra dengan Rare karena memiliki kesaman visi untuk menyejahterakan masyarakat nelayan kecil dan membangun pereokonomian yang bertumpu pada kelestarian sumber daya kelautan dan perikanan. Ini juga sejalan dengan rencana pembangunan nasional yang diarahkan Bappenas untuk senantiasa bertumpu pada SDG 14.

Bersama Rare, Gubernur melanjutkan, RZWP3K Provinsi Sultra menjadi yang pertama dalam memberi ruang 0-2 mil bagi nelayan kecil. Bersama Rare juga Gubernur membentuk Forum Pengelolaan Perikanan Skala Kecil, dan untuk itu Pergub tentang Pengelolaan Akses Area Perikanan atau PAAP telah ditandatangani minggu lalu.

Gubernur juga beserta rombongan akan ikut menghadiri diskusi tentang Mobilizing Capital for Oceans di hari berikutnya. Dimana dalam diskusi tersebut Gubernur berharap bisa memaparkan visi Sultra pada audiens yang lebih luas sehingga dapat didengar oleh lebih banyak orang.

Dalam berbagi pembicaraan dengan Rare dan Bappenas dipahami bahwa untuk membangun perikanan berkelanjutan dan konservasi kelautan di Provinsi Sultra perlu banyak investasi. Oleh karena itu Gubernur berharap diskusi ini bisa membantu memajukan nelayan kecil dan sektor kelautan di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Komentar