Img Gubernur Sultra, Ali Mazi : Mendukung Pembangunan Bandara di Kolaka Utara

Gubernur Sultra, Ali Mazi : Mendukung Pembangunan Bandara di Kolaka Utara

Bupati Kolaka Utara, Nur Rahman Umar, dalam sambutannya mengatakan, "Kami apresiasi kepada Bapak Gubernur telah berkenan mengunjungi Kab. Kolaka Utara dalam rangka HUT Kab. Kolut."

Ia mengatakan, untuk saat ini program jangka pendek dan menengah Pemkab Kolut adalah lebih fokus tentang perencanaan dan pelaksanaan pembangunan bandara. Sekarang ini telah dianggarkan biaya untuk pembebasan lahan tahap pertama yaitu sebesar 14,5 milyar dengan luas lokasi 30 Ha. 

Adapun kontur lokasi bandara berada pada posisi pesisir pantai di Desa Lametuna dan Kalu-kaluku Kec. Kodeoha.

"Hampir sama kontur di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali dan Balikpapan," tambahnya.

Mengenai rencana Bupati Kolaka Utara untuk membangun bandara di Kolaka Utara, Gubernur Sulawesi Tenggara dan masyarakat Sulawesi Tenggara pada prinsipnya mendukung untuk segera dilaksanakan pembangunan bandara di kabupaten tersebut. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan percepatan program dan kegiatan otonomi daerah di Kab. Kolaka dalam sektor pariwisata, pertambangan, dan energi. 

"Tanpa sarana prasarana bandar udara yang permanen sudah pasti daerah tersebut perkembangannya sangat lamban dan kurang berdaya saing," ungkap Gubernur Ali Mazi.

Untuk diketahui, perjalanan dari Kota Kendari menuju Kab. Kolaka Utara faktanya cukup memakan waktu lama, yaitu mencapai kurang lebih 8 jam.

Komentar