Img GUBERNUR SULTRA MEMBUKA ACARA LOMBA CIPTA MENU FESTIVAL PANGAN LOKAL B2SA TINGKAT PROVINSI SULTRA 2019

GUBERNUR SULTRA MEMBUKA ACARA LOMBA CIPTA MENU FESTIVAL PANGAN LOKAL B2SA TINGKAT PROVINSI SULTRA 2019

Kendari – Dinas Ketahanan Pangan menggelar acara Lomba Cipta Menu Festival B2SA Tingkat Provinisi Sultra 2019 di Restoran Fajar, Rabu (7/8/2019).

Dalam sambutan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Ir. Amal Jaya, menyatakan acara Lomba Festival Cipta Menu ini adalah Lomba Pangan yang diikuti 17 Kabupaten/Kota se-Sultra dan memiliki tujuan agar masyarakat dapat menciptakan keanekaragaman makanan tradisional yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara. Ke-17 Kabupaten/Kota tersebut adalah Kota Kendari, Buton Utara, Buton Tengah, Buton Selatan, Baubau, Buton, Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Muna, Muna Barat, Bombana, Konawe, Konawe Kepulauan, Konawe Selatan, Konawe Utara, dan Wakatobi.

Makanan tradisional Sulawesi Tenggara yang selama ini disajikan dengan menu yang biasa-biasa saja, saat acara berlangsung seluruh peserta TP PKK Kabupaten/Kota mengubah makanan tradisional tersebut menjadi makanan yang bergizi, seimbang, sehat, dan aman serta berinovasi dan menjadikannya sebagai kuliner modern yang bernilai jual tinggi. Contohnya seperti ubi kayu yang diubah menjadi tepung ubi kayu (kabuto) untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan kue sus dan es krim.

Sambutan Ketua Tim Penggerak PKK yang diwakili oleh Asisten II, Hj. Dr. Nur Endang Abbas, SE., M.Si., menyampaikan agar TP PKK di Kabupaten/Kota untuk lebih maju dan lebih berinovasi lagi dan mampu memberikan yang terbaik dalam mengembangkan khasanah kuliner tradisional di Provinsi Sultra sehingga lebih terkenal di tingkat nasional bahkan tidak menutup kemungkinan di tingkat internasional.

Dalam sambutannya, Gubernur Sultra menyatakan bahwa dalam Undang-Undang No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan mengamanatkan bahwa negara berkewajiban mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu, bergizi, dan seimbang mulai dari tingkat nasional/daerah hingga perorangan secara merata sepanjang waktu dengan memanfaatkan sumber daya, kelembagaan, dan kearifan lokal.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara sangat mendukung keberadaan pangan yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara. Dimana saat ini cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan pangan pokok masyarakat dan dapat mengimbangi pertumbuhan penduduk dengan jumlah pangan yang siap untuk dikonsumsi seperti beras, sagu, ubi kayu, dan jagung.

Sumber daya pangan kita sangat melimpah maka dari itu kita sebagai masyarakat wajib menjaga dan mengembangkan ide-ide yang berinovasi agar pangan lebih cukup, aman, bermutu, bergizi, dan seimbang sehingga berguna bagi kecerdasan putra-putri Sulawesi Tenggara.

Adapun pemenang Lomba Cipta Menu kali ini diraih oleh Konawe Selatan dalam kategori Lunchbox (paket makan siang) B2SA. Sedangkan untuk Kategori Produk Olahan Pangan Lokal Komersil diraih oleh Kabupaten Muna.

Komentar