Img GUBERNUR SULTRA MENGIKUTI RAKORNAS TRANSMIGRASI 2019 "REVITALISASI PEMBANGUNAN EKONOMI KAWASAN TRANSMIGRASI”

GUBERNUR SULTRA MENGIKUTI RAKORNAS TRANSMIGRASI 2019 "REVITALISASI PEMBANGUNAN EKONOMI KAWASAN TRANSMIGRASI”

Jakarta - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Transmigrasi 2019 dengan tema “Revitalisasi Pembangunan Ekonomi Kawasan Transmigrasi” dibuka oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, di Hotel Sultan Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Dalam sambutannya, wakil presiden menyatakan pentingnya transfer keterampilan antara transmigran dan penduduk lokal agar terjadinya kesetaraan. Adapun program transmigrasi yang dijalankan sejak 1950 memiliki tujuan untuk menyejahterahkan penduduk lokal.

Dalam acara ini, Kementrian Desa sebagai pelaksana program kegiatan menyatakan telah berhasil memindahkan 8 juta penduduk menjadi transmigran yang baik dan sukses. Jika transmigran tersebut berhasil menciptakan kegiatan yang berguna bagi daerah yang ditinggali maka pantaslah transmigrasi tersebut dikatakan sukses, maju, dan berkembang.

Transmigrasi telah menciptakan 2 ibu kota provinsi, 104 kabupaten baru, 335 kecamatan, dan 1.336 desa definitif di luar Jawa saat ini.

Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, SH., mengatakan sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Ia berharap agar transmigran yang ada di Provinsi Sultra juga dapat berkembang dan sukses seperti transmigran di daerah lainnya yang mampu menjadikan 1 lingkungan transmigran menjadi desa dan kecamatan bahkan mungkin menjadi kabupaten seperti di daerah Jawa Dan Kalimantan.

Komentar