Img Kartu Prakerja Mulai Direalisasikan Januari 2020 Mendatang

Kartu Prakerja Mulai Direalisasikan Januari 2020 Mendatang

Sesuai janjinya, Presiden Joko Widodo akan memberikan “gaji” bulanan kepada masyarakat yang belum bekerja dengan pemberian kartu prakerja. Program kartu prakerja tersebut akan direalisasikan mulai Januari 2020 mendatang.

Program ini diperuntukkan kepada masyarakat yang berusia di atas 18 tahun dengan status sedang tidak bersekolah dan tidak bekerja. Program ini dimaksudkan untuk membantu meningkatkan sumber daya pekerja dan menyiapkan sumber daya manusia Indonesia dalam memasuki dunia usaha hingga menjadi wirausahawan.

Adapun besaran “gaji” kartu prakerja adalah Rp 300 – 500 ribu per bulan selama 3 bulan sekaligus pemberian pelatihan keahlian kepada para peserta berupa keahlian coding (membuat program menggunakan bahasa komputer), data analytics, desain grafis, akuntansi, bahasa asing, barista, agrobisnis, hingga pelatihan operator alat berat. Pelatihan keahlian tersebut berdasarkan pilihan keahlian apa yang ingin dimiliki oleh masing-masing pemilik kartu prakerja.

Dalam 2-3 bulan ini, program tersebut sedang berada dalam tahap persiapan. Dan untuk memudahkannya akan digunakan aplikasi khusus berbasis digital. Seperti yang dikutip dari ucapan Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto.

"Kegiatan ini akan gunakan aplikasi. Sedang disiapkan 2-3 bulan dan pemda akan bantu. Biaya bervariasi Rp3-7 juta. Pemerintah punya fleksibilitas," kata Airlangga di sela-sela Rakornas Indonesia Maju di SICC, Bogor.

Ia juga mengatakan program ini akan menelan biaya sekitar Rp 10 triliun yang bersumber dari APBN dan diperkirakan akan menyerap 2 juta tenaga kerja.

Photo by CNBC Indonesia

Komentar