Img Korem 143 Haluoleo : Gelar Peduli Sehat Sultra (Sultra Healthy Care)

Korem 143 Haluoleo : Gelar Peduli Sehat Sultra (Sultra Healthy Care)

Danrem 143 Haluoleo, Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto, S.E, M.Si, bersama jajarannya melaksanakan kegiatan olahraga dengan komunitas kebugaran jasmani dan masyarakat umum di Taman Kota (Tamkot) Kendari. Minggu, 8 Maret 2020.

Yustinus mengungkapkan, "Saya merasa terpanggil, peduli dan memiliki tanggung jawab besar kepada masyarakat Sultra. Bagaimana kita bisa hidup yang sehat tanpa menggunakan biaya? Ya, cukup modalnya dengan buang waktu sedikit dan didasari kemauan berolahraga (jangan malas), maka ini akan menciptakan diri kita bisa sehat dan belajar tentang apa artinya kehidupan yang sehat secara berkelanjutan."

"Karena kesehatan merupakan hal pokok atau utama untuk kita melaksanakan segala aktivitas. Bayangkan saja kalau kita sakit gigi, pikiran kita terganggu sehingga kita tidak dapat bekerja dengan baik. Apalagi sekarang ini kita diperhadapkan dengan wabah atau Virus Corona yang kabarnya cukup mengerikan dan telah mendunia. Hemat saya, antisipasi pertama dan utama adalah tubuh kita harus kuat alias sehat dan pola hidup yang bersih sehingga tidak mudah terserang oleh virus-virus apapun namanya," imbuhnya.

Sparko (Spartan Komando) Kendari Resmi Terbentuk

Sparko di Kota Kendari terbilang baru namun perkembangannya cukup pesat dan marak diperbincangkan oleh media sosial dan media online. Sekitar awal bulan Januari 2019 Sparko Kendari baru terbentuk dan sifatnya masih sementara dan uji coba dibawah naungan pelatih Serka Harfain Korem 143 Haluoleo.

"Peminat awal hanya sekitar 9 orang namun yang datang setiap minggunya semakin meningkat. Hungga saat ini sudah mencapai 164 anggota yang terdaftar," papar Herfain, Coach Sparko Kendari.

Disela kegiatan Korem 143 HO "Peduli Sehat Sultra", nampak Kehadiran Mayor Inf. Eka Wira Dharmawan, S.A.P., M.Si., Komandan Batalyon 812 satuan 81 Kopassus yang merupakan pendiri olahraga Spartan Komando (Sparko) yang juga dijuluki sebagai The King Of Sparko. Kehadirannya di acara tersebut adalah untuk meresmikan berdirinya Sparko Kendari.

Dalam pengarahannya, King Sparko Eka Wira mengatakan bahwa Sparko adalah jenis olahraga bergaya militer. Awalnya jenis olahraga ini diterapkan hanya kepada para prajurit Kopassus saja. Namun saat ini, semua kalangan masyarakat bisa merasakan olahraga ala Kopassus.

Sparko memiliki berbagai jenis gerakan, mulai dari jogging, push up, sit up dan juga renang. Olahraga Sparko dinilai lebih efektif menurunkan berat badan karena gerakan yang dijadikan latihan hampir mirip seperti olahraga Kopassus. Meskipun olahraga ini terbilang berat, akan tetapi Sparko banyak digandrungi anak muda. Karena selain mereka bisa merasakan manfaat olahraga, mereka juga dapat berkumpul dengan anggota komunitas secara harmonis, memiliki semangat NKRI, dan tidak dipungut biaya apapun.

Dengan adanya olahraga Sparko ini diharapkan bisa mewujudkan masyarakat Kendari yang sehat dan terhindar dari narkoba terutama bagi para remaja yang menjadi generasi penerus bangsa.

Komentar