Img Panen Perdana Padi Trisakti oleh Gubernur Ali Mazi di Wawotobi

Panen Perdana Padi Trisakti oleh Gubernur Ali Mazi di Wawotobi

Berkaitan dengan misi pembangunan "AMAN" dalam sektor pertanian untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat agar berdaulat dan aman dalam bidang ekonomi dan pangan, maka Gubernur Ali Mazi melakukan Panen Demplot Padi Trisakti di Balai Benih Induk Wawotobi Kabupaten Konawe pada Minggu, 9 Februari 2020.

Diketahui keunggulan utama dari Padi Trisakti adalah padinya yang umurnya pendek. Hanya dalam 2,5 bulan saja sudah bisa dipanen. Hasilnya pun cukup baik jika memang kondisi tanahnya subur yakni bisa mencapai 11 ton / ha.

Dalam sambutannya usai memanen Padi Trisakti, Gubernur mengatakan bahwa penerapan teknologi yang tepat mampu meningkatkan produksi dua sampai tiga kali lipat dari produksi yang dicapai saat ini, yakni 11 sampai 12 ton per hektar.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara bertekad memajukan daya saing wilayah melalui penguatan ekonomi lokal dan peningkatan investasi. Tidak hanya peningkatan produksi padi tetapi juga meningkatkan kualitas beras melalui pembangunan industri beras menuju Sultra lumbung pangan.

Panen demplot padi ini juga dihadiri oleh penemu Padi Trisakti, Prof. Ali Zum Mashar.

Komentar