Img PELETAKAN BATU PERTAMA GEDUNG RUMAH SAKIT JANTUNG PROV. SULTRA

PELETAKAN BATU PERTAMA GEDUNG RUMAH SAKIT JANTUNG PROV. SULTRA

Peletakan Batu Pertama Gedung Rumah Sakit Jantung Prov. Sultra dilaksanakan di Eks Rumah Sakit Provinsi Sultra. Kamis, 29 Agustus 2019.

Sesuai dengan visi pembangunan daerah GARBARATA dalam 5 program prioritas salah satunya adalah Sultra Sehat, yaitu dengan mewujudkan peningkatan derajat kesehatan masyarakat, melalui peningkatan kualitas dan mutu layanan kesehatan bagi masyarakat di seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara maka salah satu perwujudannya yaitu dengan pembangunan rumah sakit jantung Provinsi Sulawesi Tenggara di Kota Kendari.

Berdasarkan hasil prevalensi hipertens melalui metode wawancara, Sulawesi Tenggara merupakan provinsi yang memiliki nilai mendekati rata-rata Indonesia, yakni hampir mendekati 8,5. Nilai prevalensi hipertensi ini merupakan salah satu parameter untuk mengukur rasio penyakit jantung.

Jika melihat data penyakit jantung yang begitu besar dan masih minimnya fasilitas kesehatan yang diperuntukkan khusus bagi penderita jantung, serta tingginya masyarakat Sulawesi Tenggara yang berobat ke kota besar seperti Jakarta maupun ke luar negeri maka pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara saat ini tidak tinggal diam dalam meningkatkan pelayanan fasilitas kesehatan melalui pembangunan rumah sakit jantung agar setara dengan rumah sakit jantung yang ada di kota-kota besar di Indonesia maupun di luar negeri.

Pembangunan rumah sakit jantung ini direncanakan akan dibangun 17 lantai dengan luas lahan kurang lebih 5 hektar dengan pendanaan bersumber dari APBD Sultra. Untuk anggaran tahun 2019 telah dialokasikan dana sebesar Rp 95.637.000.000 untuk tahap pertama dengan target pembangunan sampai dengan lantai 4 dari total 17 lantai.

Gubernur menginstruksikan kepada Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang selaku OPD yang membidangi proyek monumental ini untuk benar-benar secara serius memaksimalkan sumber daya yang ada agar pembangunan gedung rumah sakit jantung ini dapat mencapai sesuai hasil yang telah ditargetkan.

Gubernur juga berharap masyarakat dapat saling bahu-membahu dan mendukung dalam meningkatkan kualitas pelayanan dalam bidang kesehatan sehingga dapat terwujud Sultra Sehat yang dapat menjadi bagian dalam mendukung program Indonesia Sehat.

Komentar