Img PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN JALAN KENDARI-TORONIPA OLEH GUBERNUR SULTRA

PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN JALAN KENDARI-TORONIPA OLEH GUBERNUR SULTRA

Peletakan batu pertama pembangunan jalan Kendari-Toronipa oleh Gubernur Sultra Ali Mazi diselenggarakan di Toronipa, Selasa (3/9/2019).

Salah satu program unggulan pemerintah yang harus diwujudkan yaitu pembangunan jalan Toronipa-Kendari, pembangunan jalan yang sangat strategis bagi masa depan Sulawesi Tenggara ini menghubungkan Kota Kendari sebagai ibukota provinsi dengan kawasan pariwisata Toronipa.

Jalur ini luput dari perhatian pemerintah, padahal memiliki arti sejarah bagi Kota Kendari dan menyimpan potensi yang belum digarap secara maksimal. Jalur ini dapat mengembangkan potensi daerah, khususnya pengembangan sektor pariwisata yang diharapkan memberi dampak positif terhadap peningkatan perekonomian masyarakat.

Pantai yang memanjang dari Toronipa ke Teluk Kendari sangat bernilai sejarah bagi banyak kapal-kapal yang menyusuri pantai tersebut untuk beristirahat di teluk yang aman dari gelombang setelah berlayar menyusuri Laut Banda.

Karena menghubungkan tempat wisata Pulau Hoga – Wakatobi dan Pulau Labengki – Konawe Utara, dan beberapa potensi pengembangan wisata bahari lainnya, jalur ini kelak akan semakin berkembang karena sudah ada kawasan industri Konawe dan Pelabuhan Kendari New Port sehingga akan memperkuat manfaat pembangunan Jembatan Teluk Kendari.

Jalan yang dibangun ini memiliki panjang kurang lebih 14,6 km dengan lebar 27 m dengan biaya konstruksi Rp 1,1 trilyun. Pada tahun 2019 ini, target pembangunan direncanakan sepanjang 2,1 km dengan menghabiskan biaya sebesar kurang lebih Rp 144 milyar dan untuk pembangunan selanjutnya akan dilakukan secara multi years.

Komentar