Img Pemprov Sultra Bangun Pusat Olahraga Seperti Senayan City di Kawasan KONI

Pemprov Sultra Bangun Pusat Olahraga Seperti Senayan City di Kawasan KONI

SULTRA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini tengah melakukan perbaikan di kawasan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Nantinya, kawasan ini akan dirubah menjadi lokasi sport tourism.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Provinsi Sultra Pahri Yamsul mengungkapkan, saat ini desain untuk pengembangan sudah rampung serta pekerjaan sementara berjalan.

“Anggaran awal untuk pengerjaannya kalau nda salah Rp1,5 miliar tahun ini. Secara keseluruhan ya sekitar Rp3 miliar lebih lah,” ujarnya saat ditemui di Grand Clarion Hotel Kendari, Senin (27/11/2017).

Ia menjelaskan, selain memperbaiki sejumlah aset pemerintah seperti lapangan golf dan kolam renang, pihaknya akan membangun lapangan softball, lapangan tenis dan panahan.

Pahri menambahkan, nantinya kawasan ini akan menjadi pusat olahraga seperti Senayan City, Jakarta atau Karebosi Link, Makassar.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sultra Jaya Bakti mengatakan, pembangunan sport tourims ini adalah salah wujud komitmen Pemprov Sultra untuk memberikan sarana olahraga bagi masyarakat Bumi Anoa.

“Ya kita tidak tahu, jika dengan kita buatkan pusat olahraga akan melahirkan bibit baru dan unggul di bidang olahraga,” ujarnya.

Apalagi saat ini minat olahraga masyarakat sudah sangat tinggi. Terlihat di setiap akhir pekan ruang terbuka seperti Taman Kota Kendari selalu penuh dan kapasitasnya semakin kecil.

Dengan hadirnya pusat wisata olahraga itu diharapkan menjadi lokasi alternatif masyarakat untuk berolahraga sehingga gemar olahraga menjadi budaya menuju masyarakat sehat.

“Keuntungan lainnya akan menjadi sumber PAD bagi daerah,” katanya.

Komentar