Img Pemprov Sultra Menuju WTP ke-5, Teguh : Semoga Bisa Dipertahankan

Pemprov Sultra Menuju WTP ke-5, Teguh : Semoga Bisa Dipertahankan

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sultra kini sudah bisa memulai audit terhadap penyelenggaraan pemerintahan khususnya tata kelola keuangan setiap pemerintah daerah tahun 2017. Sejumlah daerah sudah menyerahkan, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2017 kepada BPK Perwakilan Sultra, Kamis (29/3/2018) lalu.

Pj. Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi mengantar langsung dokumen itu ke kantor BPK Sultra. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri itu berharap penataan keuangan tahun 2017 itu akan lebih baik. Hingga Pemprov tetap mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang sudah diraih empat kali berturut-turut. “Semoga akan lebih baik dan opini WTP tetap bisa dipertahankan,” ujar Teguh Setyabudi, kepada Kendari Pos.

Pria yang punya hoby travelling ini menilai opini WTP merupakan gambaran tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, efisien dan akuntabel. Sementara itu, Kepala BPKAD Sultra, Hj Isma mengaku optimis menuju WTP kelima. Sebab, seluruh kegiatan 2017 terbilang sukses, diatas 90 persen. “Setelah kita finalisasi bersama, saya pikir tidak ada masalah. Kita serahkan ke BPK untuk memeriksa. Soal optimis ya harus itu,” kata Hj.Isma.

Kurang dari dua bulan ke depan, BPK akan melakukan verifikasi dan audit terhadap dokumen LKPD itu. Setiap organisasi perangkat daerah (OPD) akan diperiksa atas laporan program kerjanya. Hj.Isma meminta OPD bersiap untuk menerima kehadiran tim auditor di instansinya masing-masing. “Data-data yang dibutuhkan BPK harus disiapkan secepatnya, ” pungkas Hj.Isma. Untuk diketahui, Pemkot Kendari, Pemkot Baubau, Pemkab Muna, Pemkab Kolut dan sejumlah pemda lainnya juga menyerahkan LKPD masing-masing kepada BPK. (ely/b)

Komentar