Img Pemprov Sultra Terapkan Aplikasi SPAN-LAPOR

Pemprov Sultra Terapkan Aplikasi SPAN-LAPOR

Penerapan Sistem Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N- LAPOR) dan pembentukan Unit Penanganan Pengaduan (UPP) RSU Bahteramas Sulawesi Tenggara (Sultra), diresmikan Pj Sekretaris Provinsi (Sekprov), Sarifuddin Safaa. Sarana aduan melalui SP4N-LAPOR itu sendiri tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) RI nomor 76 tahun 2013 tentang pengelolaan pengaduan pelayanan publik dan surat edaran MenPAN-RB nomor 4 tahun 2016 tentang pengintegrasian SP4N-LAPOR bagi pemerintah daerah.

Program nasional tersebut telah dilaksanakan sejak Desember 2017 di seluruh wilayah Republik Indonesia, tak terkecuali di Sultra. Khusus dalam penguatan kapasitas pengelolaan SP4N-LAPOR, B_Trust secara intensif telah bekerja sama dengan Diskominfo Sultra.

Sarifuddin Safaa mengatakan, Pemprov Sultra berkomitmen menjadikan setiap pengaduan masyarakat sebagai umpan balik bagi perbaikan pelayanan. “Sarana pengaduan LAPOR merupakan fasilitas khusus yang disediakan pemerintah pusat (KemenpanRB, KSP, Ombudsman RI) dan terhubung secara nasional di Indonesia,” ujarnya, kemarin.

Sambungnya, SP4N-LAPOR berfungsi sebagai sarana aduan yang disediakan pemerintah bagi masyarakat untuk menyampaikan saran, masukan bahkan pengaduan berkaitan dengan pelayanan publik ke pemerinta daerah. Ia menyebut, per 16 Agustus 2017 lalu, Gubernur Sultra telah membentuk tim koordinasi SP4N-LAPOR di tiap daerah. Aduannya bisa disampaikan melalui SMS ke nomor 1708 atau lewat website www.lapor.go.id.

“Pasti akan ditindaklanjuti. Sebab bagi kami, seluruh aspirasi masyarakat merupakan hal sangat penting untuk melakukan introspeksi, perbaikan pelayanan publik, pembuatan kebijakan dan perencanaan pembangunan yang lebih tepat sasaran,” beber Sarifuddin Safaa.

Salah satu tujuan penerapan sistem tersebut, yakni meningkatkan good 
governance dalam pelayanan publik melalui aplikasi pengaduan berbasis digital.

“Kami juga ingin meningkatkan partisipasi masyarakat dengan menghadirkan sarana pengaduan yang bernama SP4N-LAPOR ini,” imbuh Pj Sekprov Sultra itu.

Untuk diketahui, peresmian SPAN-LAPOR dihadiri perwakilan kabupaten/kota serta Muspida Sultra, Muhammad Rizal (Mentor B_Trust), pihak ORI Sultra serta tokoh masyarakat.

Komentar