Img PERTEMUAN GUBERNUR SULTRA BERSAMA ROMBONGAN STUDI STRATEGIS DALAM NEGERI PPSA 22 LEMHANAS TAHUN 2019

PERTEMUAN GUBERNUR SULTRA BERSAMA ROMBONGAN STUDI STRATEGIS DALAM NEGERI PPSA 22 LEMHANAS TAHUN 2019

Pertemuan Gubernur Sultra bersama rombongan studi strategis dalam negeri PPSA 22 LEMHANAS Tahun 2019 dilaksanakan di ruang rapat Kantor Gubernur Sultra. Senin,
 26 Agustus 2019.

Dalam pertemuan ini Gubernur menjabarkan secara garis besar gambaran umum wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, dimana terdiri dari 15 kabupaten dan 2 kota dengan luas wilayah adalah 148.067,7 km2. Tujuh puluh lima persen dari luas wilayah tersebut didominasi oleh perairan/laut dan sisanya adalah daratan. Dihuni oleh 2,7 juta jiwa penduduk pada tahun 2018. 

Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa potensi sumber daya alam Provinsi Sultra yang besar terletak pada bidang perairan laut berupa sumber daya perikanan dan pariwisata bahari. Selain itu, untuk wilayah daratan juga menghasilkan potensi kekayaan alam yang melimpah diantaranya, padi, kelapa, kakao, jambu mente, lada, dan cengkeh. Sedangkan untuk sumber daya mineral yang dihasilkan adalah nikel, emas, dan aspal.

Gubernur juga menjabarkan visi, misi, dan program prioritas ke dalam RPJMD Prov. Sultra untuk 5 tahun ke depan. Adapun visi pembangunan yaitu terwujudnya Sulawesi Tenggara yang aman, maju, sejahtera, dan bermartabat. Untuk mewujudkan visi tersebut maka misi yang ditetapkan adalah:
1. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat agar dapat berdaulat dan aman dalam bidang ekonomi, pangan, pendidikan, kesehatan, lingkungan, politik, serta iman dan taqwa.
2. Memajukan daya saing wilayah melalui penguatan ekonomi lokal dan peningkatan investasi.
3. Mendorong birokrasi pemerintahan provinsi yang modern, tata kelola pemerintahan desa yang baik, serta memeberikan bantuan kepada kecamatan dan kelurahan sebagai pusat pelayanan pemerintahan.
4. Meningkatkan konektivitas dan kemitraan antar pemerintah, swasta, dan masyarakat, dalam rangka peningkatan daya saing daerah melalui pembangunan dan perbaikan infrastruktur dan aspek-aspek sosial ekonomi.

Kemudian untuk mewujudkan visi dan misi tersebut maka dirumuskan program prioritas dalam 5 pilar pembangunan, yaitu Sultra Beriman dan Berbudaya, Sultra Cerdas, Sultra Sehat, Sultra Produktif, dan Sultra Peduli Kemiskinan.

Adapun strategi yang ditempuh untuk pengimpelementasian program tersebut adalah dengan melalui Gerakan Akselerasi Pemerataan Pembangunan Wilayah Daratan dan Lautan/Kepulauan (GARBARATA).

Selain itu ada pula 4 program unggulan yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing wilayah Prov. Sulawesi Tenggara, diantaranya Pembangunan Jalan Toronipa-Kendari untuk pengembangan pariwisata, Pembangunan rumah sakit jantung sebagai rumah sakt rujukan untuk wilayah Indonesia Timur, Pembangunan perpustakaan modern sebagai pengembangan ilmu pengetahuan dan pelestarian budaya daerah, dan pembangunan gedung perkantoran (gedung DPRD dan Kantor Gubernur) untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan kinerja aparatur dalam penyelenggaraan pemerintah.

Komentar