Img PJ Gubernur Resmi Buka MTQ Sultra, Abu Hasan Hanturkan Terima Kasih Atas Dukungan Masyarakat

PJ Gubernur Resmi Buka MTQ Sultra, Abu Hasan Hanturkan Terima Kasih Atas Dukungan Masyarakat

Buranga, Inilahsultra.com– PJ Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi resmi membuka perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXVII tingkat Sultra yang bertempat di Buton Utara (Butur), Selasa, 20 Maret 2018, malam.
Acara pembukaan MTQ Sultra ini diawali dengan devile masing-masing kafilah dari 17 kabupaten/kota. Kemudian, PJ Gubernur didampingi dengan Bupati Butur Abu Hasan serta puluhan pimpinan kepala daerah se Sultra menekan tombol sirine sebagai tanda MTQ Sultra ke XXVII resmi bergulir.
Berdasarkan laporan ketua panitia MTQ Ramadio sebanyak 1212 peserta yang bertanding pada event keagamaan dari sembilan lomba yang dipertandingkan.
PJ Gubernur Sultra Teguh Setyabudi dalam sambutannya mengungkapkan, rasa haru dan bahagia atas segala yang telah terjadi baik sebelum pembukaan acara MTQ maupun pada malam pembukaan itu. Sebabnya, pemerintah daerah dan segenap masyarakat Butur telah mampu menjawab tantangan untuk melaksanakan MTQ dengan sukses.
“Mengingat segala keterbatasan yang ada ternyata telah mampu menjawab tantangan dan keraguan dalam menyuseskan penyelenggaraan MTQ Provinsi Sulawesi Tenggara ke-27,” ucapnya.Nuansa kemegahan dan keindahan panorama, sambungnya telah saksikan malam ini. Seperti diketahui, jelas dia bahwa sebelum pelaksanaan MTQ ini, kawasan Islamic Center sekaligus digunakan arena MTQ merupakan kawasan jarang disentuh dan jauh dari jangkauan masyarakat.” Namun hari ini, telah berubah menjadi kawasan dwifungsi sebagai pusat kegiatan keagamaan, tapi juga dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan publik lainnya,” ujarnya.
Melalui MTQ ini, harap Teguh dapat menambah dorongan dan motivasi masyarakat untuk memahami dan mengamalkan Alquran. MTQ hendaknya tidak hanya dimaknai sebagai lomba, seni baca Alquran semata, tetapi hal yang lebih penting dan utama adalah penguatan implementasi nilai-nilai leluhur ajaran Alquran dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Sementara itu, Bupati Butur Abu Hasan pada kesempatan itu menghanturkan rasa terima kasih atas nama pemerintah dan masyarakat Butur kepasa Pemerintah Provinsi Sultra yang sudah memberikan kepercayaan kepada pemerintah Buton Utara untuk menjadi tuan rumah MTQ tahun 2018.Dimasa akan datang, Butur akan terus memperbaiki diri jika diberi kepercayaan pemerintah provinsi pada kegiatan kegiatan lain yang bersifat tingkat provinsi Sultra.
“Walau dirasakan tidak gampang menjadi tuan rumah penyelenggaraan tingkat provinsi, terutama bagi daerah baru mekar kurang lebih 10 tahun yang lalu dengan sarana prasarana yang terbatas, tetapi karena dukungan masyarakat Buton Utara kegiatan ini bisa terselenggara,” tuturnya.Kemenag Sultra Abdul Kadir menyampaikan, ajang MTQ ini dapat menumbuhkan bibit-bibit Qori dan Qoriah yang bakal berprestasi pada ajang-ajang yang lebih tinggi, baik skala nasional maupun skala internasional.
Acara malam pembukaan itu terlihat culup meriah dan hikmat. Pasalnya, ikut diisi denna Qori nasional dan internasional yang beberapa kali meraih juara MTQ di luar negeri. Ialah Darwin Hasibuan, yang melantunkan ayat Al Quran dengan begitu indah.
Selain itu, adanya penari kolosal sebanyak 500 orang menambah saklarnya acara pembukaan tersebut. Dimana, penari kolosal ini mempersembahkan tari bernuansa Islami dan kebudayaan Butur.

Komentar