Img Progres pembangunan masjid Al-Alam yang sudah mencapai 85 persen

Progres pembangunan masjid Al-Alam yang sudah mencapai 85 persen

SULTRA – Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Pahri Yamsul optimis pembangunan mega proyek Masjid Al Alam Teluk Kendari rampung akhir tahun ini.

“Progres pembangunan masjid sudah mencapai 85 persen, dan sebagian sudah memasuki tahap finishing,” ungkap Pahri Yamsul melalui pesan WhatsApp ke zonasultra.com, Sabtu (25/11/2017).

Kendati sebentar lagi akan memasuki musim penghujan, proses mobilisasi material bangunan masih terus berjalan dengan baik. Rangka kedua menara yang berada di sisi kiri sudah nampak terlihat dari kejauhan, tinggal dilakukan pengecoran. Area terbuka yang berada di sisi kanan pengerjaannya juga sementara berjalan. Sementara enamel kubah sebagian sudah terpasang.

“Saat ini juga sementara ada pembangunan gerbang di depan jalan masuk,” katanya.

Pembangunan masjid ini sudah menghabiskan anggaran sekitar Rp264 miliar dari APBD Provinsi Sultra sejak tahun 2010. Dalam draft APBD 2018 pemerintah kembali mengusulkan ke DPRD sebesar Rp8 miliar untuk pembuatan kaligrafi, sound system serta sistem kelistrikan di dalam masjid berkapasitas ribuan jamaah tersebut. Namun Pahri menilai yang disetujui hanya Rp5 miliar.

Di berbagai kesempatan, Plt Gubernur Sultra Saleh Lasata menyampaikan jika APBD 2018 tahun ini akan diprioritaskan untuk infrastruktur sebagaimana yang tercantum dalam RPJMD. Salah satunya penyelesaian pembangunan Masjid Al Alam.

“Pa Gubernur sudah sering berpesan kepada saya dan sejumlah SKPD untuk menyelesaikan pembangunan masjid Al Alam,” ujar Saleh.

Komentar