Img RAMADHAN MOMENTUM MENINGKATKAN IMTAQ

RAMADHAN MOMENTUM MENINGKATKAN IMTAQ

Tidak mau menyia-nyiakan waktu baik di bulan suci ramadhan yang penuh berkah, Pj Gubernur Sultra Teguh Setyabudi Ceramah dan Taraweh di Mesjid Agung Al-Kautsar Kendari, Selasa, 22 Mei 2018.
Teguh menyatakan momentum ramadhan dapat dijadikan untuk meningkatkan Iman dan Taqwa (Imtaq) dengan ibadah puasa dan amaliah ramadhan sebagai salah satu bentuk pengabdian dan ketaatan untuk taqarrub ilallah mendekatkan diri kepada Allah swt.
Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keistimewaan. Beberapa keistimewaan bulan Ramadhan antara lain bulan dimna kita diperintahkan untuk berpuasa. Salah satu Arkanul Islam dimana ibadah puasa menjadikan kita sebagai orang yg bertaqwa sebagaimana firman Allah swt. dalam surah Al-Baqarah ayat 183 berbunyi:"Ya ayyuhallazina aamanu kutiba' alaikumusshiyam kama kutiba alallazina min qablikum la' allakum tattaquun" Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa.
Ramadhan adalah bulan pertama kali Al Qur'an diturunkan sebagaimana firman Allah swt pada surah Al-Baqarah ayat 185 "Syahru Ramadhanallazi unzila fihil Qur'an". Al Qur'an sebagai pedoman dan pegangan hidup kita. Jadi dengan kita berpedoman pada Al-Qur'an pasti akan tenang dan bahagia tidak akan terlilit permasalahan dan kegelisahan. Ramadhan juga bulan dimana pintu-pintu surga dibukakan seluas-luasnya dan pintu-pintu neraka ditutup rapat, serta syaitan dibelenggu. Namun pertanyaannya adalah kenapa di bulan Ramadhan masih melakukan kemaksiatan dan keburukan, itu karena hawa nafsu. Rasulullah Saw bersabda: "Raja' na min jihadil asgar, ila jihadil akbar, wahiya jihadunnafs" kita telah kembali dari peperangan yang paling besar, yakni perang melawan hawa nafsu.
Kepala Badan Diklat Kemendagri ini juga mengungkapkan keistimewaan ramadhan dimana amal ibadah dilipatgandakan. Oleh karena itu marilah kita berlomba-lomba dalam kebajikan. Puasa adalah ibadah rahasia antara manusia dengan Al-khaliq. Allah swt. berfirman: " kulluu' amali ibnu aadama lahu illashshiyaam. Fa innahu lii wa ana ajzii bihi" setiap amal manusia untuk dirinya sendiri, kecuali puasa. Sesungguhnya puasa itu untu aku, dan akulah yang membalasnya.
Saat disunnahkan sholat Taraweh. Tidak ada shalat Taraweh selain di bulan ramadhan. Oleh karena itu jangan sampai kita lewatkan shalat taraweh barang satu malam pun di bulan ramadhan. Diwajibkan menunaikan Zakat Fitrah sebagai manifestasi nilai-nilai persaudaraan dan kasih sayang serta salah satu wujud rahmatan lil'alamin. Ramadhan bulan Lailatul Qadr- malam seribu bulan. Oleh karena itu kita harus makin semangat pada tiap harinya untuk mendapatkan Lailatul Qadr.
Pada kesempatan itu Teguh Setyabudi juga mengharapkan agar masyarakat Sultra mampu berperan serta secara baik dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.
Dikatakan pemerintah provinsi telah melakukan berbagai program pembangunan yang saat ini hasilnya sudah dinikmati oleh masyarakat. Capaian pembangunan di Sultra dapat dilihat dari data pertumbuhan ekonomi 6,81% diatas rata-rata Nasional, 5,1% pengangguran 3,30% lebih rendah dari rata-rata Nasional 5,5%. 3 IPM ada poin 69,31 berada di peringkat 19 dari 34 provinsi. Sementara Angka kemiskinan cukup tinggi 11,97

Komentar