Img RAPAT KOORDINASI DAN AUDENSI PENDIRIAN PT. JAMKRIDA SULAWESI TENGGARA

RAPAT KOORDINASI DAN AUDENSI PENDIRIAN PT. JAMKRIDA SULAWESI TENGGARA



Rapat Koordinasi Dan Audensi Pendirian PT. Jamkrida Sulawesi Tenggara ini berlangsung di Ruang Pola Kantor Gubernur Sultra, Kamis, 22 Agustus 2019. Dihadiri oleh Deputi Komisioner Pengawasan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia, Pejabat Kemendagri, Pejabat Kementerian Koperasi dan UKM dan Pejabat PT. Jamkrida Jawa Barat. 

Berdasarkan data BPS Tahun 2018 dan hasil kajian Bank Indonesia, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tenggara sebesar 6,4% (berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,2%). Pertumbuhan ekonomi tersebut juga ditunjang oleh perkembangan jumlah koperasi aktif dan UMKM. 

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM Sultra, pada tahun 2018 jumlah koperasi Sultra sebanyak 3.763 unit dan jumlah UMKM sebanyak 126.332 unit, dengan rincian 94.282 unit usaha mikro, 27.741 unit usaha kecil dan 4.309 unit unit usaha menengah. Perkembangan koperasi dan UMKM yang cukup signifikan tersebut berdampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam pengentasan kemiskinan melalui penyerapan tenaga kerja. 

Namun dalam pengembangan koperasi dan UMKM di Sulawesi Tenggara masih terdapat beberapa kendala yang menjadi penghambat, diantaranya keterbatasan akses informasi pembiayaan ataupun kredit dari lembaga keuangan untuk meningkatkan modal pelaku usaha/industri mikro, kecil, dan menengah. Selain itu, tidak adanya agunan dari pelaku UMKM yang memadai sebagai persyaratan kredit perbankan. Olehnya itu, keberadaan lembaga penjaminan menjadi sangat relevan dan strategis dalam memberikan jaminan bagi koperasi dan UMKM untuk memperoleh akses keuangan.

Dengan adanya kegiatan ini Gubernur mengajak para bupati dan walikota se-Provinsi Sulawesi Tenggara, sebagai pemegang saham 48% agar mendukung terbentuknya PT. Jamkrida Sulawesi Tenggara, melalui penyertaan modal masing-masing pemerintah kabupaten/kota, dengan harapan semoga keberadaan PT. Jamkrida nantinya dapat berfungsi sebagai Personal Guarantee bagi UMKM, untuk mendapatkan fasilitas pelayanan pembiayaan dari lembaga keuangan/bank, demi pengembangan koperasi dan UMKM yang ada di wilayah kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara.

Komentar