Img Ribuan Masyarakat Sultra Serbu Pantai Toronipa

Ribuan Masyarakat Sultra Serbu Pantai Toronipa

Ada apa di pantai Toronipa? Kenapa masyarakat Sultra khususnya kota kendari antusias berwisata ke pantai Toronipa. Oh, ternyata Pantai Toronipa memiliki View (pemandangan) yang unik, dengan deburan ombak dari laut banda yang memiliki suasana terasa kita berada di Pantai Ancol Jakarta.

Pernyataan saudara Amir, warga masyarakat jalan chairil Anwar dekat PLN yang lagi berwisata di pantai Toronipa bersama keluarga sempat mengeluhkan tentang kondisi jalan menuju pantai Toronipa yang sangat sempit dan berlubang dari kota kendari sampai kawasan pariwisata Bokori yang jaraknya kurang lebih 12 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam kalau normal, tapi kalau begini ribuan orang menuju ke pantai Toronipa mencapai 3 jam masalahnya macet, namun ketika dari Bokori ke Toronipa saya terharu sekali dengan Kondisi jalan yang telah di perluas dua jalur dan dibeton, hanya dengan jarak kurang lebih 3 kilometer alhamdulillah hanya sekitar 4 menit, wah saya sudah rasakan begitu nyamannya, semoga bapak Gubernur Ali Mazi tentang pembangunan jalan pariwisata Toronipa cepatmi diselesaikan sampai kota kendari, kita ini kasian masyarakat kendari sangat membutuhkan tempat
wisata yang indah, nyaman, dan jaraknya tidak terlalu jauh cepat sampai tujuan.

Menurut Prof. Eka Suaib pantai Toronipa memiliki Prospek wisata berdaya saing tinggi dan memiliki Multiplayer efek mensejahterakan penduduk sekitar kawasan pantai toronipa. Lanjut prof. Eka bahwa kita jangan hanya mengandalkan sektor pertambangan sebagai pemberi pendapatan daerah tertinggi, padahal sektor pariwisata kalau di kelolah dengan profesional sangat menjanjikan untuk menghasilkan PAD seperti daerah Bali, NTT dan lainnya.

Kadis Pariwisata Sultra Dr. Ir. Panca. M.Pd. menyatakan mari kita jaga kebersihan kawasan pariwisata Toronipa, kalau mau pantai Toronipa indah dan nyaman serta berdaya saing disiapkan fasilitas istirahat yang representatif seperti homestay, vila, gazebo, fasilitas kesehatan dan keselamatan (coastguard), tempat sampah portable yang dapat mudah dipindah-pindahkan untuk sampah kering, basah dan sampah pelastik yang kita ketahui sebagai musuh dunia, ditingkatkan kelengkapan alat permainan pantai seperti banana boad, parasailing (layang ditarik boad) dan SDM yang ramah wisata (kompoten dan profesional).

Asnan La Amba selaku Dewan Pengawas dan Ormas Nasdem mendapatkan laporan dari penjaga Loket pintu masuk Pantai Toronipa Dinas Perhubungan Konawe, bahwa sampai jam 16.00. jumlah kendaraan roda empat yang masuk kawasan pantai Toronipa telah mencapai 1500 mobil belum termasuk kendaraan roda dua kurang lebih mencapai 2000 motor.

Komentar