Img Sultra dalam Gambar : Jumlah Curah Hujan & Hari Hujan

Sultra dalam Gambar : Jumlah Curah Hujan & Hari Hujan

Pas banget nih lagi musim hujan. Kita bahas jumlah curah hujan dan hari hujan di Sultra, yuk!

Masih berkaitan dengan pembahasan stasiun BMKG pada postingan sebelumnya, yang mana stasiun tersebut tidak hanya mengamati unsur iklim saja melainkan juga menghitung jumlah curah hujan dan banyaknya hari hujan dalam suatu wilayah. 

Seperti stasiun ARG (Automatic Rain Gauge) yang merupakan stasiun yang dilengkapi dengan alat untuk menghitung jumlah curah hujan dalam satuan waktu tertentu secara otomatis dengan bantuan baterai sebagai sumber tenaganya. Selain itu, adapula stasiun BPP, stamet, dan staklim yang dilengkapi dengan peralatan dan fungsi yang kurang lebih sama.

Untuk mengetahui stasiun BMKG di Sultra, silakan simak infografis berikut ya.

Nah, dari kesebelas stasiun BMKG yang ada di Sultra, tercatat bahwa jumlah curah hujan tertinggi terdapat di wilayah Kab. Konawe Utara dengan jumlah curah hujan sebesar 3.090,3 mm dengan jumlah hari hujan sebanyak 163 hari/days.

Sedangkan untuk curah hujan terendah terjadi di wilayah Kota Baubau dengan nilai 1.238,8 mm dan jumlah hari hujan sebanyak 146 days/hari.

Dari perolehan data di tiap stasiun pengamatan BMKG tersebut dapat disimpulkan bahwa tiap daerah memiliki jumlah curah hujan dan jumlah hari hujan yang berbeda-beda berdasarkan letak geografisnya.

Masih banyak fakta yang belum kalian ketahui. Nah, untuk mengetahui lebih banyak fakta mengenai Bumi Anoa tercinta, ikuti terus update Sultra dalam Gambar ya.

Sumber: sultra.bps.go.id

Komentar