Img Upacara Peringatan Hari Nusantara ke-19 dan Hari Bela Negara ke-71 tingkat Prov. Sultra

Upacara Peringatan Hari Nusantara ke-19 dan Hari Bela Negara ke-71 tingkat Prov. Sultra

Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Nusantara ke-19 dan Hari Bela Negara ke-71 tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sultra.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Dr. H. Lukman Abunawas, SH., M.Si., sekaligus membawakan amanat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Dr. Ir. Airlangga Hartarto, serta membacakan sambutan khusus Presiden RI Joko Widodo di Hari Nusantara dan Bela Negara ini.

Adapun tema Hari Nusantara kali ini adalah "Nusantaraku Berdaulat, Indonesiaku Maju". Dalam prosesi upacara ini pula dibacakan Deklarasi Djuanda yang pertama kali dicetuskan pada tanggal 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Indonesia pada saat itu, Djuanda Kartawidjaja. Deklarasi ini menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar, di antara, dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI.

Sedangkan Hari Bela Negara yang jatuh pada tanggal 19 Desember merupakan hari dimana deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia oleh Mr. Sjafruddin Prawiranegara di Sumatra Barat pertama kali dicetuskan pada tanggal 19 Desember 1948. 

Komentar